ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING (STUDI PADA BANK SYARIAH INDONESIA)
Keywords:
analisis swot, daya saing, bank syariah indonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT sebagai strategi meningkatkan daya saing serta hambatannya pada PT. Bank Syariah Indonesia (BSI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis SWOT yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, Matrik SWOT dan analisis diagram SWOT. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder (yaitu data-data dokumen yang telah di terbitkan oleh PT BSI, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah Kekuatan (Strenghts/S) skor :1,90, Kelemahan (Weaknesses/W) skor: 0,80, Peluang (Opportunities/O) skor :1,70, Ancaman (Threats/T) skor : 0,80 berarti bahwa kekuatan PT. Bank Syariah Indonesia relatif lebih unggul dibandingkan dengan kelemahannya, sedangkan lingkungan eksternal saat ini dihadapi lebih besar Peluang dari pada ancamannya. Strategi yang dapat digunakan salah satunya untuk menentukan strategi bersaing pada PT Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah growth strategy. Yaitu Strategi Pertumbuhan dengan Memaksimalkan kekuatan yang di PTReferences
Antonio, Muhammad Syafii, 2001, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.
Arifin, Zainul, 2000, Memahami Bank Syariah, Lingkup, Peluang, Tantangan dan Prospek, Jakarta: Al Vabet. Salemba Empat.
Artikel yang telah tayang di Investor.id dengan judul "BSI Masuk 10 Besar Emiten Berkapitalisasi Pasar Terbesar
Jogiyanto. 2005. Sistem Informasi Strategik Untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset
Mashuri. 2012. “Analisis Pertumbuhan Nasabah Bank Syariah Dengan Pendekatan Strategi Pemasaran”. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 1 (1), 182-194.
Mashuri. 2015. “Analisis Keunggulan Produk Pembiayaan Perbankan Syariah”. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 4 (2), 112-122.
Muhamad. 2005. Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syari’ah. Yogyakarta: UII Press.
Ramadhan, Ahmad dan Fivi Rahmatus Sofiyah. 2013. “Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi McDonald’s Ring Road)”. Media Infromasi Manajemen 1 (4).
Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama